Wednesday, December 22, 2010

last ASSignment

Dalam bisnis internasional di kenal 2 transaksi bisnis internasional yaitu, perdagangan internasional (internaional trade) dam pemasaran internasional (international marketing) jelaskan perbedaan keduanya.
-perdagangan internasional ialah kegiatan transaksi antar negara dengan cara ekspor maupun impor
- pemasaran internasional ialah merupakan keadaan dimana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri


Coba jelaskanbagaimana tahap2 dalam memasuki bisnis internasional dimulai dengan tahapan yg paling sederhana yg tidak mengandung resiko dengan tahapan yg paling kompleks dan mengandung resiko bisnis yg sangat tinggi?
EKSPOR INSIDENTIL (INCIDENT At EXPORT)
dimana saat ada orang luar negri membeli barang2 kita, kita harus mengirimkannya ke negeri yg diminta si pembeli

EKSPOR AKTIF (ACTIVE EXPORT)
perkembangan dari tahap pertama yg menyebabkan transaksi semakin aktif. Dalam tahap aktif ini perusahaan negeri sendiri mulai aktif untuk melaksanakan manajemen atas transaksi itu

PENJUAlAN LISENSI (LICENSING)
Tahap berikutnya adalah tahap penjualan Iisensi. Dalam tahap ini Negara pendatang menjual lisensi atau merek dari produknya kepada negara penerima. Dalam tahap yang dijual adalah hanya merek atau lisensinya saja, sehingga negara penerima dapat melakukan manajemen yang cukup luas terhadap pemasaran maupun proses produksinya termasuk bahan baku serta peralatannya. Untuk keperluan pemakaian lisensi tersebut maka perusahaan dan negara penerima harus membayar fee atas lisensi itu kepada perusahaan asing tersebut

FRANCHISING
tahap yang lebih aktif lagi di banding sebelumnya yaitu perusahaan di suatu negara menjual tidak hanya lisensi atau merek dagangnya saja akan tetapi lengkap dengan segala atributnya termasuk peralatan, proses produksi, resep-resep campuran proses produksinya, pengendalian mutunya, pengawasan mutu bahan baku maupun barang jadinya, serta bentuk pelayanannya

PEMASARAN DI LUAR NEGERI
memerlukan intensitas manajemen serta keterlibatan yang lebih tinggi karena perusahaan pendatang (Host Country) haruslah betul-betul secara aktif dan mandiri untuk melakukan manajemen pemasaran bagi produknya itu di negeri asing (Home Country)

PRODUKSI DAN PEMASARAN DI LUAR NEGERI (Total International Business)
Tahap ini juga disebut sebagai "Total International Business". Bentuk inilah yang menimbulkan MNC (Multy National Corporation) yaitu Perusahaan Multi Nasional. Dalam tahap ini perusahaan asing datang dan mendirikan perusahaan di negeri asing itu lengkap dengan segala modalnya, Ialu melakukan proses produksi di negeri itu, kemudian menjuaI hasil produksinya itu di negeri itu juga dan bahkan mungkin lalu dijualnya ke negara asing lagi sebagai ekspor dari negeri penerima tersebut
Hambatan apa saja dalam memasuki bisnis internasional?
a. Batasan perdagangan dan tariff bea masuk
b. Perbedaan bahasa, social budaya/cultural
c.  Kondisi politik dan hokum/perundang-undangan
d.  Hambatan operasional


sumber: http://qeyty.blogspot.com/2008/10/bab-v-bisnis-internasional.html

No comments:

Post a Comment